Juara Grand Final Talenta Bugis, Makasar

Tanggal 3 Juni 2011, malam merupakan ajang Penutupan seluruh kegiatan yang di tuan rumahi TVRI Sulsel dengan penuh kesuksesan.Malam itu adalah  penentuan para Juara Grand Final Lomba Talenta Bugis Makassar.Ada 6 calon juara yang telah lolos audisi maupun seleksi menuju puncak Gran Final.Pesertanya sendiri diluar dugaan lebih dr 60 an peserta.Awalnya ialah babak audisi kemudian babak seleksi yang dilakukan 3 hari berturut-turut di depan halaman TVRI Sulawesi Selatan. menurut Kepala Stasiun TVRI Sulawesi Selatan, Rusli Sumara, suara para peserta  bagus-bagus . "Untungnya Talenta Bugis ini kita adakan di Makassar, secara otomatis yang berminat banyak, dan saat mereka membawakan lagu-lagu daerah Bugis, mereka fasih dan sngat menjiwai ,Pak", kata kepsta Rusli Sumara kepada Humas. Memang penampilan 6 Finalis itu sangat memukau.Gedung auditorium Trans Studio yg disewa, dipenuhi ratusan penonton termasuk, pendukung keenam finalis.Para supporter ini lebih menyukai tempat di balkon paling atas dengan membawa spanduk, yang bertuliskan masing-masing nama finalis, maupun Kabupaten merema berasal.Selain dari makasaar kebetulan para Finalis ini ada yang berasal dari Kabupaten Gowa, ataupun Kabupaten Jeneponto dan kabupaten lainnya. "Isyad, ayo maju ,kamu pasti Juara", teriak para pendukung Irsyad salah satu Finalis. dan tepuk tanganpun bergemuruh ketika wakil mereka Anjarani yang berbaju hijau tampil di panggung. "Nasty!Nasty!Nasty!', seru mereka.meskipun demikian suasana sangat dinamis dan kompetitif penuh persahabatan. Bagi penonton yang berada di tribun atas, Panitya yang dikomandoi Nur Dyah Tamma, telah memasang "wide screen" besar di sudut kiri, sehingga memudahkan para penonton melihat jelas mimik wajah penyanyinya yang di close up 6 juru kamera dari berbagai sudut. dari layar "wide screen" inilah sebenarnya merupakan gambar akhir, siaran langsung TVRI Nasional.Merekapun sangat bangga bahwa penyanyti-penyanyi berdarah Sulawesi Selatan tampil memukau didepan jutaan penonton TVRI, di seluruh Indonesia, maupun yang bisa menangkap di 10 negara Asean termasuk beberapa negara di Timur -Tengah.

Melihat penampilan dan suara para Grand Finalis, rata-rata bagus, baik teknik vokal, teknik menyanyi , performance maupun penjiwaan lagu.Bahkan ada yang duduk bersimpuh di depan panggung tatkala menjiwai arti syair yang berbahasakan Bugis. "Ini belum tentu bisa di jiwai penyanyi-penyayi apabila Talenta ini dilakukan di Jakarta Mas", kata salah satu kawan kru TVRI Sulawesi Selatan yang ikut bangga, pihaknya bisa mempresentasikan siaran livenya. Dari balik panggung, Pengarah Acara Deddy Suharto kelihatan dinamis, mengarahkan 7 juru kamera yang bertugas malam itu. "Kamera 3 siap.....take angle penonton! kamera 1 ambil close up penyanyi!Kamera 5 arahkan ke supporter!", itulah aba-aba yang dia komandokan di balik panggung, sehingga menghasilkan perpaduan gambar yang atraktif.

Dirut TVRI Immas Sunarya yang didampingi Dirum Dudy Sudirman dan  duduk disebelah kirinya wakil Gubernur Sulsel, tampak ceria dan menikmati Grand Final yang atraktif itu.Sementara di barisan kursi VIP lainnya tampak Direktur Teknik yang berkali-kali menjepret bidikan kameranya ke arah panggung, dan Direktur Keuangan Antar Sianturi terlihat bertepuk tangan sanat para penyanyi selesai mengakiri penampilannya.Sementara di lajur kursi VIP tambahan kiri bawah tampak berjajar, partner-partner TVRI Sulawesi Selatan yang selama ini memberikan bantuan kerjasama termasuk Bupati Bantaeng, yang selama berlangsungnya PORNAS TVRI memberikan 1000 dos lebih air mineral dari pegunungan.

Akhirnya setelah ke enam Finalis tampil maksimal untuk meraih Juara, tiga Dewan Juri memutuskan Juara  harapan III diraih Rismawaty,Harapan II Muhammad Irsyad Basir(satu-satunya Finalis Pria), kemudian Juara harapan I diraih oleh Diantini Purnama.Ketiga Piala tersebut langsung diserahkan oleh Dirut TVRI Immas Sunarya.Untuk Juara ke III diraih oleh Diantini Purnama, Juara ke II diraih Hasnaratu dan JUARA PERTAMA diraih oleh  Anjara Nasty.Ketiga Piala langsung diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan. Usai Grand Final Talenta Bugis Makasaar Kepala Stasiun TVRI Sulsel, Rusli Sumara meluapkan kegembiraannya dan langsung mendatangi kru yang bertugas memberikan jabat tangan erat yang menandai Siaran Langsung Talenta Bugis Makassar sukses dilaksanakan, termasuk tentu saja rangkaian Rapat kerja paa Kepala Stasiun TVRI Daerah dan PORNAS ke IV yang berakhir sehari sebelumnya. Bukan hanya itu saja nampak Ketua Panitya POR ke IV dan Talenta, Nurdyah Tamma, menyalami penuh haru kepada teman-teman dan pimpinan TVRI yang hadir saat itu. Pada pertengahan Juni ini TVRI Jakarta akan mengadakan Lomba Talenta Maluku yang saat ini sudah terdaftar lebih dari 30 peserta.

[Kembali ke halaman sebelumnya]

Free Web Hosting