Pemberitaan Pusat Lembaga Penyiaran Publik - Televisi Republik Indonesia

Pemberitaan adalah salah satu bidang yang berada dibawah naungan Direktur Program dan Berita LPP TVRI yang saat ini dijabat oleh Drs. Yon Anwar. Bidang Berita memiliki 4 (empat) Satuan Kerja yaitu: Produksi Berita yang dipimpin oleh manager Produksi Berita Bambang Siswanto, S.Sos, Husein Azhari, S.Sos sebagai manager Siaran Berita, Pipiet Irianto sebagai manager Reppen (Current Affairs) dan Olahraga yang dipimpin oleh Ebie Rukbi, semuanya berada dibawah kepemimpinan GM. Berita yakni Amos Ginting, BA.


Secara garis besar Program siaran di bidang Berita ini mempunyai tujuan untuk menyampaikan segala jenis informasi sebesar-besarnya kepada masyarakat. Program acara yang terdapat di Pemberitaan pun selalu mengedepankan nilai kebenaran, keakuratan, aktualisasi, relevansi, dan keseimbangan, serta mengandung unsur pendidikan, dan kebudayaan. Pemberitaan Pusat LPP TVRI mempunyai peranan penting dalam siaran berita maupun non berita yang ada di LPP TVRI. Penyampaian segala bentuk informasi dikemas secara mendalam dengan menjunjung tinggi aspek-aspek kebenaran. Dalam kesehariannya, Pemberitaan Pusat LPP TVRI menjalankan fungsinya sebagai salah satu bidang yang terdapat di LPP TVRI dengan memberikan tayangan-tayang berupa berita, feature, dialog, siaran langsung, dan sebagainya.


Tayangan yang menjadi program unggulan pun dikemas secara menarik dan inofatif dengan menyajikan ulasan-ulasan yang dapat memberikan pengetahuan dan informasi sebanyak-banyaknya kepada pemirsa TVRI. Feature yang berupa paket berdurasi 30 menit seperti: Suku-Suku, Swara Liyan, Laporan Internasional, Situs-Situs disajikan secara menarik dengan mengangkat nilai-nilai sosial, budaya, kearifan lokal, dan agama. Tentunya semua itu hanya untuk memberikan tayangan yang terbaik baik pemirsa TVRI. Program acara dialog pun menjadi salah satu program unggulan yang dimiliki Pemberitaan LPP TVRI, diulas secara detil dengan menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan yang tentunya berkompetensi tinggi dibidangnya.

Mengacu kepada nilai-nilai kebenaran, kejujuran, dan tidak memihak kesatu sisi, program acara dialog pun menjadi salah satu referensi yang layak dinantikan oleh pemirsa TVRI. Program acara berita tak kalah pentingnya dengan program-program lainnya yang terdapat di Pemberitaan Pusat LPP TVRI, disiarkan secara langsung dari studio 6 TVRI, program berita TVRI dikemas secara menarik dengan menampilkan pembaca berita yang berwawasan luas, cerdas, dan berintelektual tinggi.

Program acara berita yang tayang setiap harinya menyajikan berbagai jenis berita baik dari dalam maupun luar negeri, ditayangkan secara atraktif dengan didukung oleh seluruh stasiun penyiaran (stasiun TVRI daerah) yang ada diseluruh Indonesia secara live (langsung). TVRI sebagai televisi pertama yang ada di negara Republik Indonesia ini dengan motonya "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa" secara turun temurun selalu memberikan berbagai informasi baik berita maupun non berita yang berguna bagi bangsa dan negara, khususnya bagi masyarakat yang berada diseluruh penjuru nusantara. Dengan pengalaman hampir setengah abad, LPP TVRI, dan khususnya Pemberitaan LPP TVRI turut memberikan kemajuan besar terhadap pembangunan yang terjadi di negara ini. (Kg)

Free Web Hosting